Cara Efektif Mencegah Kanker Payudara

Cara Efektif Mencegah Kanker Payudara

Cara Efektif Mencegah Kanker PayudaraKanker payudara sangat di takuti sekali oleh kaum hawa. Maka dari itu mendeteksi kanker payudara sejak dini adalah Cara Efektif Mencegah Kanker Payudara. Dibandingkan kasus penyakit kanker lainnya, kanker payudara merupakan kanker dengan jumlah kasus terbanyak, dan menjadi salah satu penyebab kematian utama akibat kanker. Peristiwa ini disebabkan karena penderita kanker payudara mulai menyadari tentang penyakitnya setelah kanker berkembang pada stadium lanjut. Padahal, jika terdeteksi dini dan segera diterapi, penyakit ini bisa dikalahkan.

Salah satu bentuk deteksi dini yang bisa kita lakukan, adalah SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Kesadaran dan sikap peduli pada kesehatan diri sendiri merupakan cara pencegahaan efektif. Lakukan SADARI setiap satu bulan sekali, setelah periode menstruasi, tepatnya pada saat payudara dalam keadaan melunak.

Cara Efektif Mencegah Kanker Payudara

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk melakukan deteksi SADARI. Berikut langkah – langkah dari Yayasan Kanker Indonesia yang bisa kita ikuti untuk melakukan SADARI.

1. Berdiri tegak menghadap cermin.

Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau ada perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris.

2. Angkat kedua lengan keatas.

Tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Lalu dorong siku ke depan dan cermati payudara, kemudian dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara. Jika otot dada berkontraksi saat melakukan gerakan, itu merupakan hal normal.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang.

Condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan otot dada.

4. Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung.

Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara. Kemudian cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak.

5. Membuat gerakan lingkaran-lingkaran kecil dari atas-bawah (vertikal), melingkari daerah payudara, serta tepi dari payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kedua.

6. Posisi rebahan/tertidur.

Letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak. Ulangi langkah ini pada sisi berlawanan, untuk mencermati payudara bagian kiri.

Berikut beberapa ciri-ciri dan gejala kanker payudara yang umum di rasakan penderita kanker payudara

  • benjolan pada payudara keras
  • tidak bisa digerakkan
  • melekat di dinding dada
  • bertambah besar dengan cepat
  • bisa nyeri bisa juga tidak nyeri
  • kulit payudara seperti kulit jeruk
  • puting tertarik ke dalam
  • keluar cairan dari puting (cairan jernih, nanah, darah)
  • ada benjolan di ketiak

Jika Anda mengalami keluhan seperti di atas, sebaiknya Anda segara berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan evaluasi secara seksama, melalui pemeriksaan dari riwayat munculnya keluhan, hingga melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti USG, mamografi, CT-scan, MRI, biopsi, dll

Dan pengobatan kanker payudara, kami menawarkan Jelly Gamat QnC obat kanker payudara sebagai solusi pengobatan kanker payudara yang alami, aman dan terbukti ampuh. Untuk informasi lebih lanjur mengenai Jelly Gamat QnC Obat Kanker Payudara, klik DISINI.

Itulah Cara efektif mencegah kanker payudara sejak dini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda

Cara Efektif Mencegah Kanker Payudara

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!